Senin, 30 Agustus 2021
DATA APA SAJAKAH YANG DIBUTUHKAN
UNTUK
MENGUKUR KINERJA PERPUSTAKAAN
Abdul Wakhid Pustakawan Ahli Madya
ABSTRAK
Untuk mengukur kinerja suatu perpustakaan dibutuhkan
data statistik terkait dengan kondisi sumberdaya perpustakaan dan data kegiatan
dan capaian kegiatan. Data tersebut akan digunakan untuk mengukur kinerja
dengan mengacu pada standar indikator kinerja perpustakaan dengan Nomor ISO 11620.
Dengan dasar pengukuran ini selanjutnya dirumuskan dan diterapkan standar
kinerja perpustakaan di Indonesia dengan mengadopsi indikator tersebut.
PENDAHULUAN
Beberapa perpustakaan di Indonesia seperti perpustakaan
umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan
tinggi belum secara rutin melakukan pengukuran kinerjanya atau jika ada yang
sudah melakukan pengukuran tidak menutup kemungkinan satu sama lain melakukan
teknik pengukuran dan acuan atau pedoman yang berbeda. Kondisi seperti ini
dipicu karena sebagian pengelola perpustakaan belum mengetahui acuan indikator
dan data yang seharusnya digunakan untuk mengukur kinerja, dan pada sisi lain
belum adanya pedoman atau acuan pengukuran kinerja secara nasional. Untuk mendapatkan
hasil pengukuran yang benar maka diperlukan data input yang benar dan valid. Selanjutnya
hasil pengukuran yang benar dapat digunakan sebagai bahan laporan kinerja perpustakaan
yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pertimbangan untuk evaluasi,
perencanaan dan pengembangan kedepan. Pertimbnagan dalam memilih ukuran kinerja
dan data masukan diantaranya: (a) diusahakan pengukuran atau data tersedia dan dapat
dilakukan oleh semua jenis perpustakaan; (b) diusahakan pengukuran dan data mudah
dilakukan oleh semua jenis perpustakaan; (c) diusahakan hasil pengukuran dapat
digunakan sebagai dasar petimbangan pengembangan kedepan, dan hasil pengukuran
dapat digunakan untuk membandingkan kinerja dengan perpustakaan lain; (d)
pengukuran dan data yang digunkan bersifat empiris serta dapat digunakan untuk
mengetahui tingkat keberhasilan pencapaian tujuan; (d) hasil pengukuran dapat
digunakan sebagai bahan dasar monitoring, evaluasi dan pengembangan.
DATA INPUT
·
Daftar anggota tercatat
·
% anggota terhadap populasi
·
Jumlah kunjungan harian
·
Jumlah kunjungan
rata-rata dalam periode tertentu
·
Jumlah koleksi berdasarkan judul
·
Jumlah koleksi berdasarkan eksemplar
·
Jumlah koleksi berdasarka subjek
·
% koleksi terhadap subjek
·
Jumlah koleksi (judul) yang
dilayankan
·
Jumlah koleksi (subjek) yang
dilayankan
·
Jumlah koleksi (judul) yang dipinjam
·
Jumlah koleksi (subjek) yang dipinjam
·
Rasio jumlah koleksi terhadap
populasi
·
Kemutakhiran koleksi (%)
·
Akuisisi koleksi terakhir berdasrakan
subjek
·
Jumlah jam layanan dan permintaan
terhadap jam layanan
·
Jumlah komputer workstation yang
digunakan untuk pengguna
·
Jumlah bangku yang tersedia untuk
pengguna
·
Luas area layanan pengguna
·
Jumlah SDM total yang bekerja di perpustakaan
·
Jumlah SDM yang melakukan aktivitas
layanan perpustakaan
·
Rasio petugas layanan terhadap jumlah
SDM
·
Jumlah kepuasan pengguna
KINERJA PROSES
Jam buka layanan: data yang dibutuhkan adalah jumlah
jam layanan harian, mingguan, bulanan dan tahunan (jumlah total jam layanan
dalam satu tahun).
Kecepatan pengadaan koleksi: data yang dibutuhkan jumlah
koleksi yang diadakan berdasarkan judul, subjek dan jumlah eksemplar dalam periode
satu tahun.
Kecepatan pengolahan: rata-rata koleksi yang sudah diolah
dan siap dilayankan berdasarkan judul, subjek dan eksemplar dalam periode satu
tahun.
KINERJA HASIL
Sirkulasi : data yang dibutuhkan yaitu (a) jumlah koleksi yang
dilayankan berdasarkan judul, subjek dan jumlah eksemplar (pertahun dan
perkapita); (b) jumlah koleksi yang
dipinjam berdasarkan judul, subjek dan jumlah eksemplar (pertahun dan
perkapita); (c) jumlah koleksi yang dibaca ditempat bedasarkan judul, subjek
dan jumlah eksemplar (pertahun dan perkapita); (d) koleksi yang dipakai diruang
baca (pertahun dan perkapita).
Kunjungan : data yang dibutuhkan yaitu (a) jumlah pengunjung dalam
setahun; (b) jumlah pengunjung perkapita; (c) jumlah pengunjung pada acara yang
diadakan oleh perpustakaan seperti pameran, hari perayaan, dll (pertahun dan perkapita).
Referensi : data yang dibutuhkan yaitu (a) jumlah transaksi
referensi setahun; (b) total transaksi referens setahun; (c) rasio terhsdsp
referensi; (d) jumlah pertanyaan referens yang dapat dijawab setahun.
Judul : data yang dibutuhkan yaitu (a) jumlah judul yang diminta pengunjung
dan berhasil ditemukan; (b) jumlah judul yang dicari pengunjung; (c) rasio
terhadap judul.
Subjek : data yang dibutuhkan yaitu (a) jumlah subjek dan penulis
yang ditemukan; (b) jumlah subjek dan penulis yang dicari; (c) rasio terhadap
subjek dan penulis.
Turnover rate (tingkat perputran sirkulasi koleksi) data yang
dibutuhkan antara lain jumlah sirkulasi koleksi yang dipinjam, dibaca ditempat
berdasarkan judul, subjek dan eksemplar dalam periode satu tahun.
User satisfaction (jumlah kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan) data
yang dibutuhkan yaitu jumlah pengguna yang menyatakan puas terhadap layanan
perpustakaan dibandingkan dengan jumlah seluruh pengguna.
% of stock not lent in certain time (persentase jumlah koleksi yang tidak dipinjamkan).
CONTOH PERHITUNGAN
Sirkulasi perkapita adalah jumlah rata-rata peredaran buku (dalam bentuk
dipinjam ke luar perpustakaan) kepada pemakai perpustakaan. Cara menghitungnya
: jumlah buku yang dipinjamkan kepada penggunanya selama satu tahun dibagi
dengan jumlah populasi pengguna yang wajib dilayani oleh perpustakaan, dalam
hal ini adalah jumlah SDM pengelola perpustakaan.
Koleksi yang digunakan di
Perpustakaan perkapita adalah jumlah rata-rata
koleksi yang dipakai ditempat (perpustakaan) oleh setiap pemakai perpustakaan. Cara
menghitungnya : jumlah koleksi perpustakaan yang digunakan ditempat (tidak dipinjam
keluar perpustakaan) oleh pemakai perpustakaan dibagi dengan jumlah populasi pengguna
yang wajib dilayani oleh perpustakaan, dalam hal ini adalah jumlah SDM
pengelola perpustakaan.
Pengunjung perpustakaan per kapita adalah rata-rata kunjungan setiap orang (pemakai) ke
perpustakaan selama satu tahun. Cara menghitungnya : adalah jumlah total
kunjungan pemakai ke perpustakaan selama selama satu tahun dibagi dengan jumlah populasi pengguna
yang wajib dilayani oleh perpustakaan, dalam hal ini adalah SDM pengelola
perpustakaan.
Kehadiran pemakai pada acara perp.
per kapita adalah rata-rata pengunjung ke
acara-acara yang diadakan oleh perpustakaan selama satu tahun. Cara menghitungnya
: jumlah total pengunjung ke acara-acara yang diadakan oleh perpustakaan selama
satu tahun dibagi dengan jumlah populasi pengguna yang wajib dilayani oleh
perpustakaan, dalam hal ini adalah SDM pengelola perpustakaan.
Transaksi referens per kapita adalah rata-rata pelayanan referensi yang diberikan kepada
setiap pemakai perpustakaan selama satu tahun. Cara menghitungnya : jumlah
transaksi pelayanan referensi yang diberikan kepada pemakai perpustakaan selama
satu tahun dibagi dengan jumlah populasi pengguna yang wajib dilayani oleh
perpustakaan, dalam hal ini adalah jumlah SDM pengelola perpustakaan.
Reference Fill Rate adalah persentase jumlah transaksi layanan referensi yang
dapat dijawab terhadap total transaksi layanan referensi. Cara menghitungnya : jumlah
transaksi pelayanan referensi yang dapat dilayani (dapat dijawab) dibagi dengan
total transaksi pelayanan referensi selama satu tahun.
Title Fill Rate adalah persentase jumlah
penelusuran melalui judul koleksi yang ditemukan terhadap total penelusuran. Cara
menghitung : jumlah penelusuran melalui judul koleksi (buku dll.) yang dapat
ditemukan dibagi dengan adalah jumlah seluruh penelusuran melalui judul.
Subject and Aurhor Fill Rate adalah persentase
penelusuran melalui topik dan pengarang yang ditemukan terhadap jumlah seluruh
penelusuran yang dilakukan melalui topik dan pengarang. Cara menghitungnya : jumlah
penelusuran melalui topik dan pengarang
koleksi (buku dll.) yang dapat ditemukan dibagi dengan adalah jumlah
seluruh penelusuran yang dilakukan melalui topik dan pengarang.
Persentase anggota terhadap populasi adalah persentase anggota yang terdaftar sebagai pengguna aktif perpustakaan
terhadap populasi perguruan tinggi yang wajib dilayani. Cara menghitungnya : jumlah
anggota yang terdaftar sebagai pemakai aktif di perpustakaan dibagi dengan adalah
jumlah populasi pengguna yang wajib dilayani oleh perpustakaan, dalam hal ini
adalah jumlah SDM pengelola perpustakaan.
Turnover Rate adalah rata-rata
frekuensi koleksi yang dipinjam oleh pemakai selama satu tahun. Cara menghitungnya
: adalah jumlah koleksi perpustakaan yang dipinjamkan kepada pemakai selama
satu tahun dibagi dengan adalah jumlah eksemplar koleksi perpustakaan.
RUJUKAN
Kopian Dokumen ISO 11620
Dokumen paparan Abdul Rahman Saleh. 2020. Pengukuran kinerja dan statistik perpustakaan