Logo PNRI
RAPAT KERJA TEKNIS PUSAT PRESERVASI, 21-22 JANUARI 2020
Ditulis Oleh: Dewa Ayu Putri Agustini

Rencana Kerja Teknis (RAKERNIS) DI Kedeputian 1 (Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi) diselenggarakan pada tanggal 21-22 Januari 2020 bertempat di Ruang Serbaguna lantai 4 Gedung Layanan Perpustakaan Nasional RI, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, yang dihadiri oleh para pejabat struktural dari Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka, Pusat Presevasi Bahan Pustaka, Direktorat Deposit Bahan Pustaka, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan UPT Perpustakaan Bung Hatta serta para Pustakawan Utama.

Rakernis dibuka oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak Muh. Syarif Bando, kemudian dilanjutkan paparan dari masing-masing Pusat.

Untuk Pusat Preservasi Bahan Pustaka, evaluasi kegiatan tahun anggaran 2015-2019 disampaikan oleh masing-masing kepala bidang yaitu Kepala Bidang Konservasi, Ibu Dra. Mulatsih Susilorini, MM., Kepala Bidang Reprografi, Ibu Dra. Made Ayu Wirayati, M.IKom., dan Kepala Bidang Transformasi Digital, Bapak Wiratna Tritawirasta, S. Kom, MP. dengan dimoderatori oleh Ibu Yeri Nurita (Kepala Bidang Layanan Koleksi Khusus), serta Pemantapan program/kegiatan tahun Anggaran 2020-2024 disampaikan oleh Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka, Bapak DR. Ahmad Masykuri, MM.

Hasil dari paparan masing-masing kepala bidang di Pusat Preservasi Bahan Pustaka adalah jumlah realisasi fisik dari total 67 kegiatan sebesar 106,12 % dengan realisasi anggaran sebesar 99,18 % (per 31 Desember 2019). Selain hasil dari evaluasi kegiatan, diperlukan solusi-solusi untuk menanggulangi kendala yang dihadapi, antara lain percepatan alih media digital, peningkatan koordinasi dengan unit kerja terkait, pengoptimalisasian sumber daya yang ada dan juga mengadakan kerjasama internasional untuk meningkatkan kualitas SDM dan hasil preservasi.

Setelah pemaparan hasil evaluasi kegiatan tahun anggran 2015-2019, Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka, Bapak Dr.Ahmad Masykuri, MM. menyampaikan rencana program/kegiatan prioritas dan inovatif tahun anggaran 2020-2024 diantaranya yaitu percepatan alih media surat kabar pra-kemerdekaan, pengajuan naskah SangHyang Siksa Kandang Karesean dan Hikayat Aceh sebagai nominasi MOW tahun 2021, implementasi jaringan kerjasama antar institusi terkait preservasi hingga pembuatan Grand Design Preservasi 2021-2025.

Galeri