Logo PNRI
Banjir Magang di Preservasi
Ditulis Oleh: Leni Sudiarti

Pada Januari 2020 hingga awal Februari 2020, Pusat Preservasi banyak mendapatkan kunjungan magang dari berbagai institusi maupun instansi. Ada lebih dari 5 (lima)  lembaga pendidikan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya ke sini, antara lain : Universitas Indonesia, UIN Palembang, UIN Jakarta, UNPAD Bandung, UNUD Denpasar, UGM Yogyakarta, UNS Solo, dan sebagainya. Dispusip DKI Jakarta, dalam hal ini PDS HB. Jassin pun mengirimkan staffnya dalam beberapa gelombang untuk melakukan magang di Pusat Preservasi Perpusnas RI.

Lama magang bervariasi. Ada yang akan menjalaninya selama sekitar 3 (tiga) bulan, hingga Maret 2020 ini, dan ada pula yang hanya beberapa hari. Umumnya mereka berkelompok, namun ada pula yang hanya seorang diri.

Banyaknya kunjungan magang ini kemungkinan karena bertepatan dengan waktu libur semester akademik mereka. Tujuan kunjungan magang pun beragam. Ada yang hanya untuk memanfaatkan waktu libur dengan pengalaman bekerja di lapangan, namun ada juga yang bertujuan untuk menyusun tugas akhir.

Sementara yang berasal dari Instansi Dispusip DKI Jakarta (PDS. HB. Jassin), mereka ditugaskan untuk magang dan mempelajari lebih lanjut tentang pelestarian bahan perpustakaan, untuk ke depannya bisa diterapkan di instansi mereka.

Magang dilaksanakan terjadwal, sehingga semua unit / bidang yang ada di Pusat Preservasi Bahan Perpustakaan Perpusnas RI terkunjungi. Peserta mengamati dan sering kali terlibat langsung dengan pekerjaan yang sedang berlangsung di lokasi magang, diselingi dengan berbagai pertanyaan yang mungkin mereka perlukan. Sebagai narasumbernya adalah para staff Pusat Preservasi BP sendiri, yang memang bersentuhan langsung dengan aktifitas pelestarian Bahan Perpustakaan. Beberapa treatment lainnya, yang kebetulan sedang tidak dilakukan, ada pula yang disampaikan/diajarkan kepada mereka. Diharapkan, mereka bisa memetik manfaat dari kunjungan magang ini, dan ada hal yang bisa mereka aplikasikan nantinya di lapangan.



Galeri