Logo PNRI
Digitalisasi dan Enkapsulasi Arsip Pribadi Pegawai di Lingkungan Perpustakaan Nasional RI
Ditulis Oleh: Shella Ranti

Rabu, 19 Mei 2021 - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Perpustakaan Nasional RI yang ke 41 tahun sekaligus Hari Kearsipan Nasional yang ke 50, Biro Sumber Daya Manusia dan Umum bekerja sama dengan Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan serta Pusat Data dan Informasi menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan workshop perawatan arsip pribadi dan keluarga bagi pegawai di lingkungan Perpustakaan Nasional RI. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 18-19 Mei 2021. Kegiatan tersebut diadakan di Pendopo Selatan Aula Perpustakaan Nasional RI, Jalan Salemba Raya No. 28A Jakarta Pusat.


Pada hari pertama diisi dengan dengan rangkaian acara sosialisasi dan workshop perawatan arsip atau dokumen pribadi dan keluarga, setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran sekaligus peluncuran film arsip ke-2 yang berjudul "Gara-Gara Kopi", dan ditutup dengan arahan dari Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. Arahan Bapak Kepala Perpustakaan Nasional RI sekaligus membuka kegiatan workshop perawatan arsip pribadi dan keluarga. Setelah itu acara dilanjutkan pada kegiatan workshop yang meliputi digitalisasi dan enkapsulasi arsip pribadi pegawai Perpustakaan Nasional RI. Adapun tim yang melakukan kegiatan digitalisasi dan enkapsulasi adalah staf dari Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan yang berjumlah 7 orang. Hingga hari kedua, tanggal 19 Mei 2021 ada lebih dari 100 lembar arsip yang telah didigitalisasi dan sekitar 80 lembar arsip telah dienkapsulasi. Adapun jenis arsip yang telah didigitalisasi dan dienkapsulasi antara lain Surat Keputusan (SK), Ijazah, Kartu Keluarga (KK) dan berbagai macam sertifikat.


Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menyadarkan kita semua akan pentingnya merawat arsip pribadi dan keluarga karena dengan melakukan perawatan diharapkan dapat mencegah terjadinya kerusakan arsip yang kita miliki.

Galeri

Meja Digitalisasi Arsip (2)

Meja Digitalisasi Arsip (2)

Meja Digitalisasi Arsip

Meja Digitalisasi Arsip

Meja Enkapsulasi Arsip (2)

Meja Enkapsulasi Arsip (2)

Meja Enkapsulasi Arsip

Meja Enkapsulasi Arsip