http://diklat.poltekpelsulut.ac.id/-/s777/ https://tppkk.bengkaliskab.go.id/cgi-bin/s777/ https://tracerstudy.disdik.kalteng.go.id/demo/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ http://bappedalitbang.balikpapan.go.id/assetsadmin/dana/index.html bokep gacor https://mesin.untag-sby.ac.id/mesin/XD/ https://wisuda.unkris.ac.id/pages/sdemo/ https://simdatin.bangda.kemendagri.go.id/uploads/-/ https://jdih-dprd.ponorogo.go.id/assets/Mvp/demo/ https://agroindustri.untag-sby.ac.id/backend/assets/ https://jdih.sorongkota.go.id/demo/ https://sierpekade.tangerangselatankota.go.id/demo/

https://dispora.lomboktimurkab.go.id/sgacor/ https://dispora.lomboktimurkab.go.id/sdemo/ http://bappedalitbang.balikpapan.go.id/assetsadmin/slotpulsa/index.html https://pmb.stiatabalong.ac.id/assets/thai/ https://pmb.ubd.ac.id/demo/ https://agroindustri.untag-sby.ac.id/demo/ https://hey.fkm.unair.ac.id/assets/front/ https://wisuda.unkris.ac.id/web/sthai/ https://wisuda.unkris.ac.id/pages/demo-slot/

Pusat Preservasi Perpustakaan Nasional RI
Logo PNRI
KONDISI PUSAT PRESERVASI YANG DIHARAPKAN
Ditulis Oleh: Abdul Wakhid

KONDISI PUSAT PRESERVASI YANG DIHARAPKAN

 

Sumber Daya Manusia (SDM)

Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM baik di pusat dan daerah dalam pelestarian, perlu segera dilaksanakan. Peningkatan kualitas dapat dilakukan melalui kegiatan magang kerja, diklat pelestarian, workshop, penyuluhan, di Perpustakaan Nasional, atau di luar negeri. Selain itu peningkatan kuantitas diharapkan dapat dilakukan melalui tambahan pegawai baru, atau menerima pindahan dari unit kerja lain, baik internal maupun eksternal. Pembentukan jabatan fungsional konservator akan menggugah semangat dan memberikan motivasi SDM dalam pelaksanaan pelestarian.

 

Sarana dan Prasarana 

Terlaksananya pemberian bantuan sarana pelestarian khususnya dalam penyelamatan naskah kuno nusantara. Bantuan dapat diberikan dengan melihat skala prioritas akan kebutuhan dan nilai dokumen yang perlu segera diselamatkan. Faktor penting yang perlu dilaksanakan adalah tersedianya data hasil pemetaan jenis dan jumlah kerusakan BP dan naskah kuno di daerah dari Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/kota, yang sangat diperlukan dan menjadi program awal dalam optimalisasi kegiatan pelestarian di Perpustakaan Nasional. Terlaksananya inventarisasi naskah kuno nusantara melalui pendaftaran kepemilikan naskah kuno ke Perpustakaan Nasional, merupakan salah satu prasarana dalam pelaksanaan pelestarian. Dalam upaya mengatasi permasalahan belum tersedianya bahan konservasi di dalam negeri, maka diperlukan kegiatan pelatihan dari kearifan lokal, sehingga mempercepat proses pelestarian, dan mengefisienkan anggaran. Tersedianya sistem informasi pelestarian diharapkan akan berdampak pada percepatan akses informasi pelestarian dan terbukanya jaringan informasi antara pusat dan daerah.

 

Metode   

Tersusunnya berbagai pedoman, standar pelestarian merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan. Selain itu terlaksananya berbagai program sosialisasi pelestarian baik di tingkat pusat maupun daerah, merupakan salah satu cara dalam penerapan metode konservasi secara benar. Peningkatan apresiasi masyarakat terhadap pelestarian, dapat dilakukan melalui berbagai program sosialisasi dan publikasi.

 

Organisasi dan Tata Kerja

Terbentuknya unit kerja pelestarian di perpustakan merupakan salah satu kebutuhan penting agar pelaksanaan kegiatan pelestarian di perpustakaan dapat berjalan secara optimal. Terlaksananya program pelestarian sebagai prioritas di setiap perpustakaan dan masyarakat, merupakan salah satu upaya dalam optimalisasi pelaksanaan pelestarian. Dalam pelaksanaan program pelestarian, maka peningkatan koordinasi pelestarian antara pemerintah pusat dan daerah merupakan suatu keharusan. Forum pelestarian perlu dibentuk agar komunikasi dan informasi antar lembaga dan masyarakat tentang pengembangan pelestarian dapat terjalin. Agar pembagian urusan dan kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah dapat dilaksanakan, maka perlu segera disusun mekanisme kerja pelestarian. Selain itu perlu segera diimplementasikan kebijakan nasional dan kebijakan teknis pelestarian di daerah. Terlaksananya inventarisasi naskah kuno melalui pendaftaran kepemilikan naskah kuno ke Perpustakaan Nasional, serta pemberian penghargaan kepada masyarakat yang merawat, menyimpan, dan melestarikan naskah kuno merupakan kebutuhan yang harus segera diimplementasikan. Fungsi pembinaan pelestarian di tingkat pusat dan daerah perlu diotimalkan.    

 

Anggaran

Tersedianya anggaran pelestarian pada setiap perpustakaan dan lembaga maupun masyarakat pemilik naskah nusantara, merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendesak. Pemerintah daerah memegang peran penting dalam pengalokasian anggaran. Tersusunnya berbagai program pelestarian di perpustakaan merupakan salah satu upaya dalam mendapatkan anggaran.       

 

Kerja Sama dan Promosi

Peningkatan kerja sama dan promosi tentang pelestarian perlu dilaksanakan di semua jenis perpustakaan. Kerja sama dapat dilakukan baik antar lembaga di dalam negeri, maupun luar negeri. Selain itu peningkatan fungsi organisasi IKON (Ingatan Kolektif Nasional) baik di Pusat maupun daerah merupakan salah satu jalan untuk mempromosikan kegiatan pelestarian pada program internasional.