https://ejurnal.malahayati.ac.id/demo/ https://dkpp.lumajangkab.go.id/laportani/smpo-demo/ http://diklat.poltekpelsulut.ac.id/-/s777/ https://tppkk.bengkaliskab.go.id/cgi-bin/s777/ https://tracerstudy.disdik.kalteng.go.id/demo/ https://skillana.id/blog/depo10k/ https://keperawatan.fikes.unsoed.ac.id/perawan/
slot demohttps://ult.fmipa.uho.ac.id/wp-content/upgrade/https://jateng.bnn.go.id/konten/templates/http://pajakonline.sidrapkab.go.id/local/https://desabalungtunjung.gresikkab.go.id/data/
Pusat Preservasi Perpustakaan Nasional RI
Logo PNRI
Pelestarian Naskah Kuno Daerah Maluku Tahun 2023
Ditulis Oleh: Muhayar

Maluku, 8 – 11 Agustus 2023, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010. Tak heran jika Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya dengan begitu banyaknya suku, Apalagi, warisan naskah yang dimiliki Indonesia tidak hanya kaya dari segi jumlah, tapi juga kaya dilihat dari ragam jenis bahasa dan aksara yang digunakan. Salah satu diantaranya adalah peninggalan dalam bentuk naskah yang merupakan hasil tulisan tangan dari para leluhur bangsa. Naskah peninggalan masa lampau tersebut dapat dijumpai hampir di setiap daerah dalam jumlah yang tidak sedikit dan jenisnya sangat bervariasi.

Sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang 43 tahun 2007 pasal 1 ayat 5, Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan mengirimkan 3 orang Tim pelestarian untuk melaksanakan pelestarian informasi terhadap naskah naskah yang dikumpulkan dari masyarakat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku.

Naskah naskah tersebut tersimpan dan terdata secara filologi, dimana koleksi tersebut belum dialihmediakan, diantaranya naskah Negeri Rumahtiga yang telah kami alihmediakan sebanyak 61 eksemplar berikut terjemahannya yang berukuran 21 cm x 29 cm. Selain melestarikan naskah yang ada di Masyarakat Maluku, kami juga mengadakan bimbingan teknis alih media dengan menggunakan kamera DSLR kepada pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku. Dari bimbingan teknis tersebut, tim pelestarian bersama pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku telah mengalihmediakan 4 buku langka dengan jumlah kisaran halaman sebanyak 100 – 650.

Kami juga menyempatkan untuk melihat naskah yang di miliki oleh Raja Negeri Kaetetu di Maluku Tengah. Menurut keterangan sekretaris Raja yang mengurus naskah tersebut yang tidak disebut namamnya, Koleksi naskah yang ada di Kerajaan Kaetetu merupakan catatan registrasi pertanahan dan catatan peristiwa atau kejadian yang ditulis oleh raja-raja tersebut yang di mulai pada tahun 1879. Adapun kondisi fisik dari naskah tersebut sudah semestinya dipreservasi sekaligus dibuatkan copy atau duplikatnya hal ini dikarenakan naskah tersebut masih sering dilayankan untuk kepentingan penelitian dan kepentingan masyarakat di sekitar Maluku.

 

#perpusnas #perpustakaannasional #literasi #literasiuntukkesejahteraan #preservasi #konservasi #alimedia

Oleh : Muhayar

Galeri

001

001

002(1)

002(1)

003

003

004

004

005

005

006

006

007

007